Pages

sociabuzz

How about this ?

Minggu, 15 Januari 2012


Alkohol


1.      Pengertian Minuman Beralkohol
Minuman beralkohol adalah minuman yang mengandung etanol. Etanol adalah bahan psikoaktif dan konsumsinya menyebabkan penurunan kesadaran. Di berbagai negara, penjualan minuman beralkohol dibatasi ke sejumlah kalangan saja, umumnya orang-orang yang telah melewati batas usia tertentu.


2.      Jenis-Jenis Minuman Beralkohol
Berikut ini adalah beberapa contoh jenis minuman beralkohol yang beredar di Indonesia dan sering di konsumsi oleh remaja.
·         Anggur
Anggur (atau juga populer disebut dalam bahasa Inggris: wine) adalah minuman beralkohol yang dibuat dari sari anggur jenis Vitis vinifera yang biasanya hanya tumbuh di area 30 hingga 50 derajat lintang utara dan selatan. Minuman beralkohol yang dibuat dari sari buah lain yang kadar alkoholnya berkisar di antara 8% hingga 15% biasanya disebut sebagai wine buah (fruit wine).

·         Bir
Bir secara harfiah berarti segala minuman beralkohol yang diproduksi melalui proses fermentasi bahan berpati dan tidak melalui proses penyulingan setelah fermentasi. Proses pembuatan bir disebut brewing. Karena bahan yang digunakan untuk membuat bir berbeda antara satu tempat dan yang lain, maka karakteristik bir seperti rasa dan warna juga sangat berbeda baik jenis maupun klasifikasinya. Salah satu minuman tertua yang dibuat manusia, yaitu sejak sekitar tahun 5000 SM yang tercatat di sejarah tertulis Mesir Kuno dan Mesopotamia.

·         Brendi
Brendi (bahasa Inggris: brandy, berasal dari bahasa Belanda, brandewijn) adalah istilah umum untuk minuman anggur hasil distilasi, dan biasanya memiliki kadar etil alkohol sekitar 40-60%. Bahan baku brendi bukan hanya anggur, melainkan juga pomace (ampas buah anggur sisa pembuatan minuman anggur) atau fermentasi sari buah. Bila bahan baku tidak ditulis pada label, brendi tersebut dibuat dari buah anggur asli.

·         Rum
Rum (rhum) adalah minuman beralkohol hasil fermentasi dan distilasi dari molase (tetes tebu) atau air tebu yang merupakan produk samping industri gula. Rum hasil distilasi berupa cairan berwarna bening, dan biasanya disimpan untuk mengalami pematangan di dalam tong yang dibuat dari kayu ek atau kayu jenis lainnya. Produsen rum terbesar di dunia adalah negara-negara Karibia dan sepanjang aliran Sungai Demerara di Guyana, Amerika Selatan. Selain itu, pabrik rum ada di negara-negara lain di dunia seperti Australia, India, Kepulauan Reunion.


·         Sampanye
Sampanye adalah minuman anggur putih bergelembung yang dihasilkan di kawasan Champagne di Perancis, sekitar 90 kilometer di timur laut Paris. Reims adalah salah satu wilayah penghasil sampanye yang terkenal. Umumnya terbuat dari anggur pinot noir, sampanye yang berkualitas bagus mempunyai warna kekuningan. Sampanye biasanya hanya diminum pada acara-acara khusus seperti perayaan tahun baru dan sering pula terlihat pada perayaan kemenangan kejuaraan olahraga seperti Formula 1, di mana sang pemenang di podium membuka sebotol sampanye dan menyemprotkan isinya.

·         Tuak
Tuak atau juga disebut arak di nusantara adalah sejenis minuman yang merupakan hasil fermentasi dari bahan minuman/buah yang mengandung gula. Tuak sering juga disebuat pula arak adalah produk yang mengandung alkohol. Bahan baku yang biasa dipakai adalah: beras atau cairan yang diambil dari tanaman seperti nira kelapa atau aren, legen dari pohon siwalan atau tal, atau sumber lain.Kadar alkohol berbeda-beda bergantung daerah pembuatnya. Arak yang dibuat di pulau Bali yang dikenal juga dengan nama brem bali, dikenal mengandung alkohol yang kadarnya cukup tinggi.Beberapa tempat di Pulau Madura dahulu dikenal sebagai sebagai penghasil tuak, namun orang Madura tidak mempunyai kebiasaan minum yang kuat. Saat ini dapat dikatakan sangat sedikit orang Madura yang minum tuak atau arak.Masyarakat Tapanuli (Sumatera Utara), khususnya masyarakat beretnis Batak menganggap bahwa Tuak berkhasiat menyehatkan badan karena mengandung efek menghangatkan tubuh.

·         Vodka
Vodka (bahasa Polandia: wódka; bahasa Rusia: во́дка; bahasa Ukraina: горілка, horilka; bahasa Belarus: гарілка, harilka) adalah sejenis minuman beralkohol berkadar tinggi, bening, dan tidak berwarna, yang biasanya disuling dari gandum yang difermentasi. Banyak yang menduga bahwa kata Vodka merupakan turunan dari kata bahasa Slavia "voda" (woda, вода) yang berarti "air," meskipun banyak pendapat-pendapat lain.Kecuali untuk sejumlah kecil perasa, vodka mengandung air dan alkohol (etanol). Vodka biasanya memiliki kandungan alkohol sebesar 35 sampai 60% dari isinya. Vodka Rusia klasik mengandung 40% (80° kandungan murni), angka tersebut dirumuskan oleh ahli kimia terkenal Rusia, Dmitri Mendeleev. Menurut Museum Vodka di St. Petersburg, Rusia, Mendeleev berpendapat bahwa kandungan yang sempurna yaitu 38%, tetapi karena minuman beralkohol pada waktu itu dikenakan pajak berdasarkan kandungan alkoholnya, persentasenya dinaikkan menjadi 40 untuk mempermudah penghitungan pajak.

·         Wiski
Wiski (bahasa Inggris: whisky dari bahasa Gaelik Skotlandia, atau whiskey dari bahasa Irlandia, fuisce) merujuk secara luas kepada kategori minuman beralkohol dari fermentasi serealia yang mengalami proses mashing (dihaluskan, dicampur air serta dipanaskan), dan hasilnya melalui proses distilasi sebelum dimatangkan dengan cara disimpan di dalam tong kecil dari kayu (biasanya kayu ek).



3.      Gaya Hidup Pesta Remaja
Pada saat memasuki usia remaja, emosi seseorang akan menjadi labil sehingga gampang untuk terpengaruh oleh orang-orang yang ada di sekitarnya. Pada saat usia remaja pula rasa keingintahuan seseorang sangat tinggi sehingga mereka selalu ingin mencoba hal-hal baru yang mereka temui. Dua alasan diatas merupakan contoh alasan mengapa awal mula seseorang bisa terjerumus untuk mengkonsumsi minuman beralkohol.
Pola hidup remaja jaman sekarang sangatlah berbeda, kemudahan dalam mengakses teknologi membantu para remaja untuk mencari tahu segala hal dengan mudah, bahkan dengan menggunakan teknologi seperti internet mereka dapat melakukan suatu transaksi jual beli tanpa sepengetahuan orang tua mereka.
Dengan dukungan teknologi dan perhatian orang tua yang kurang dapat memudahkan para remaja untuk membeli minuman beralkohol tanpa sepengetahuan orang dewasa. Di kalangan mahasiswa, minum minuman beralkohol dianggap wajar oleh sebagian orang. Pola pikir yang salah ini mendukung semakin mudahnya seorang remaja untuk mendapatkan minuman beralkohol.
Selain dikonsumsi sendiri biasanya sebagian remaja mengadakan pesta yang disertai dengan kegiatan minum minuman beralkohol. Kadang mereka bersama pasangan masing-masing, sehingga setelah mabuk dan kehilangan kesadaran akan menjurus kearah sex bebas.

4.      Bahaya Alkohol Dari Masa ke Masa
Ancaman paling nyata di antara para remaja yang minum adalah kurangnya informasi tentang bagaimana minum yang bertanggung jawab dan tidak berlebihan. Memantau kebiasaan minum adalah masalah yang diperbincangkan orang-orang dari semua kalangan usia. Kesulitan pokoknya terletak pada kenyataan bahwa minuman beralkohol memiliki kadar alkohol beragam. Sebagai perbandingan, segelas whiskey berukuran 45 ml mengandung jumlah alkohol yang sama dengan yang terdapat dalam 360 ml bir dan 150 ml anggur.

Apa yang dilakukan oleh alkohol terhadap tubuh? Minum minuman keras tidak sekedar meningkatkan suhu tubuh dan memberi perasaan senang, tetapi juga memengaruhi lambung, hati, ginjal, dan otak dengan cara-cara yang merugikan. Jika orang tersebut belum makan, alkohol akan cenderung mengiritasi dinding lambung dan dapat menyebabkan peminum tersebut muntah.
Orang-orang yang minum alkohol biasanya merasa harus bolak-balik ke kamar mandi. Ini karena alkohol mengurangi kemampuan ginjal dalam menyerap air. Sekitar 10 persen alkohol dibuang melalui air seni dan pernapasan. Contoh lain efek samping yang tidak menyenangkan dari minum adalah sakit ketika sadar atau hangover, yang biasanya muncul sehari setelah minum terlalu banyak. Hangover adalah cara tubuh menolak minum yang berlebihan yang biasanya ditandai dengan sakit kepala berat, lidah kelu, dan rasa sakit pada lambung.
Akhirnya, jika seorang peminum mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang sangat banyak, medula atau bagian otak yang mengendalikan pernapasan, kesadaran, detak jantung, dan suhu tubuh dapat terancam. Akibatnya adalah penurunan kecepatan napas, penurunan suhu tubuh, dan tekanan darah, kehilangan kesadaran serta, akhirnya, kematian.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Bli Wayan. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com